Organisasi Sebagai Proses, Wadah, dan Sejarah

Posted by PERFECT WORLD 0 komentar



Pendahuluan

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sederhananya, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar, karena memberikan kontribusi seperti pengambilan SDM dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Organisasi sebagai wadah

Pada dasarnya, organisasi digunakan sebagai tempat / wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisir, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (seperti uang, material, mesin, metode, lingkungan, dll), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam berorganisasi, banyak hal yang dapat kita peroleh misalnya; dapat mengemukakan pendapat pribadi di depan orang, tempat mengembangkan Suatu Inspirasi diri, dapat memimpin sebuah kelompok kerja, bisa menjadi pribadi yang memiliki rasa sosialisme, melatih diri akan arti tanggungjawab, dengan ini lah organisasi disebut sebagai wadah, wadah sebagai sekelompok manusia untuk bekerja sama.

Organisasi sebagai proses

Organisasi sebagai proses adalah pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien. Setiap anggota mengerjakan tugasnya masing masing secara ilmiah, praktis, dan bertanggung jawab. Organisasi sebagai proses sistem terdiri dari faktor luar dan faktor dalam yang berhubungan / berinteraksi satu sama lain, saling berpengaruh dan mempengaruhi sehingga merupakan suatu kebulatan.

Rangkaian proses kegiatan harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi keberhasilan proses manajemen dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi / birokrasi dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.


Sejarah terbentuknya organisasi

Organisasi mungkin telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, secara tidak sadar semua manusia sejak lahir sudah ikut dalam organisasi, suatu organisasi dapat menjadi fokus sentral kehidupan seseorang atau ia mungkin hanya merupakan pelayannya untuk sementara waktu. Sebuah organisasi mungkin dapat besifat kaku, dingin, tanpa kepribadian, dan dapat menghasilkan hubungan-hubungan luwes dan bermakna bagi para anggotanya.

Untuk sejarah sendiri belum di ketahui secara pasti kapan terbentuknya organisasi. Sepengetahuan saya, organisasi biasanya dianggap baru dimulai sebagai disiplin akademik bersamaan dengan munculnya manajemen ilmiah pada tahun 1890-an, dengan Taylorisme yang mewakili puncak dari gerakan ini. Para tokoh manajemen ilmiah berpendapat bahwa rasionalisasi terhadap organisasi dengan rangkaian instruksi dan studi tentang gerak-waktu akan menyebabkan peningkatan produktivitas. Studi tentang berbagai sistem kompensasi pun dilakukan.

Setelah Perang Dunia I, fokus dari studi organisasi bergeser kepada analisis tentang bagaimana faktor-faktor manusia dan psikologi mempengaruhi organisasi. Ini adalah transformasi yang didorong oleh penemuan tentang Dampak Hawthorne. Gerakan hubungan antar manusia ini lebih terpusat pada tim, motivasi, dan aktualisasi tujuan-tujuan individu di dalam organisasi.

Perang Dunia II menghasilkan pergeseran lebih lanjut dari bidang ini, ketika penemuan logistik besar-besaran dan penelitian operasi menyebabkan munculnya minat yang baru terhadap sistem dan pendekatan rasionalistik terhadap studi organisasi.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an, bidang ini sangat dipengaruhi oleh psikologi sosial dan tekanan dalam studi akademiknya dipusatkan pada penelitian kuantitatif. Sejak tahun 1980-an, penjelasan-penjelasan budaya tentang organisasi dan perubahan menjadi bagian yang penting dari studi ini. Metode-metode kualitatif dalam studi ini menjadi makin diterima, dengan memanfaatkan pendekatan-pendekatan dari antropologi, psikologi dan sosiologi.

Sumber:
elearning.gunadarma.ac.id
repository.usu.ac.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Organisasi Sebagai Proses, Wadah, dan Sejarah
Ditulis oleh PERFECT WORLD
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://superfects.blogspot.com/2012/01/organisasi-sebagai-proses-wadah-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PERFECT WORLD.