Organisasi dan 3 Contoh Jenis Organisasi

Posted by PERFECT WORLD 0 komentar

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut di mata masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan SDM dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara teratur.


Berikut ini beberapa contoh organisasi yang sudah diakui akan keberadaannya oleh sebagian besar masyarakat: 


1.UNESCO


UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945. Tujuan organisasi adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki.

UNESCO memiliki anggota 191 negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui: pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial & manusia, budaya, serta komunikasi & informasi. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan-guru; program ilmu internasional; proyek sejarah regional dan budaya, promosi keragaman budaya; kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam serta memelihara HAM; dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia.

2.FIFA



FIFA ( Fédération Internationale de Football Association atau Federasi Internasional Sepak Bola ) adalah badan pengatur internasional sepak bola. FIFA bermarkas di Zürich, Swiss. FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904 dan merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 2004. FIFA sering mengambil peran aktif dalam menjalankan dan mengembangkan olahraga permainan di seluruh dunia. Salah satu sanksi adalah untuk menangguhkan tim dan anggota terkait dari kompetisi internasional ketika pemerintah melakukan intervensi dalam menjalankan organisasi asosiasi anggota FIFA atau jika asosiasi persepakbolaan tidak dapat berfungsi dengan baik. FIFA juga mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.

Peraturan sepak bola ditetapkan oleh IFAB (International Football Association Board), yang terdiri dari empat wakil dari FIFA dan masing-masing satu wakil dari The Football Association, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Asosiasi Sepak Bola Wales, dan Asosiasi Sepak Bola Irlandia Utara.

Sebuah keputusan 2007 FIFA bahwa seorang pemain dapat didaftarkan dengan maksimal tiga klub, dan muncul dalam pertandingan resmi selama maksimal dua, dalam satu tahun diukur dari 1 Juli - 30 Juni telah menimbulkan kontroversi, terutama di negara-negara yang musim silang bahwa tanggal penghalang, seperti dalam kasus dua mantan internasional Irlandia. Sebagai akibat langsung dari kontroversi ini, FIFA dimodifikasi putusan ini pada tahun berikutnya untuk mengakomodasi transfer antara liga dengan keluar dari musim fasa.

Badan ini berfungsi bersama dengan asosiasi-asosiasi regional yang memantau perkembangan sepak bola di berbagai belahan dunia. Keenam konfederasi yang berada di bawah pengawasan mereka adalah; Asian Football Confederation (AFC), Confédération Africaine de Football (CAF), Confederación Sudamericana de Fútbol (CONMEBOL/CSF), Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF), Oceania Football Confederation (OFC), dan Union of European Football Associations (UEFA) yang dimana ke enam konfederasi tersebut membantu pengawasan perkembangan sepak bola di wilayahnya masing-masing.

Sebagi induk organisasi sepak bola internasional FIFA tak hanya mewadahi berbagai asosiasi sepak bola tetapi juga melaksanakan kompetisi tingkat regional dan internasional seperti Piala Dunia, Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17, Piala Konfederasi, sepak bola dalam Olimpiade hingga Piala Dunia Futsal dan Tur Pro Sepak Bola Pantai. Selain menetapkan peraturan serta mengadakan turnamen FIFA juga memberikan bagi pemain-pemain sepak bola terbaik serta memberikan daftar yang berisikan peringkat dunia FIFA setiap bulannya. Meskipun FIFA adalah organisasi olah raga namun organisasi ini mampu meraih keuntungan hingga ratusan juta Dollar dari berbagai kegiatan yang mereka lakukan.

3.Triad



Triad adalah sebuah organisasi kriminal etnis Cina yang memiliki basis di Hong Kong, Macau, Cina Daratan, dan di negara - negara dengan populasi etnis Cina yang besar seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada. London, Manchester, dan Amsterdam diperkirakan menjadi pusat baru aktivitas Triad. Mereka sering terlibat dalam penyelundupan imigran ilegal dari Asia Timur yang menuju Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

Semula Triad bernama Tian Di Hui (Langit, Bumi, dan Manusia). Didirikan sekitar tahun 1760-an, dengan tujuan menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Cina. Komunitas yang awalnya bersifat patriotis ini kemudian berubah menjadi tak terarah setelah Dinasti Qing tumbang pada 1911 yang mengakibatkan organisasi ini tidak terlibat dan tak ikut menikmati kemajuan Cina. Mereka menjadi marah dan depresi, namun tak mampu mengubah jalan hidup pemberontak yang mendarah daging selama 2 abad lebih. Akhirnya mereka berkembang menjadi organisasi kriminal bawah tanah dan inilah awal mulanya Triad yang kita kenal kini.

Mereka kejam dalam urusan kriminal. Pengaturan keanggotaannya sangat rumit. Kekuatan mereka lebih kuat dari yang diperkirakan. Mereka beroperasi dalam skala yang sangat kecil dan membatasi kekerasan antar anggota geng untuk menghindari sorotan publik. Tak ada figur pemimpin, namun secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hierarkinya. Biasanya seorang petarung membawahi sekitar 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar, lapangan, dan taman. Mereka juga memiliki kode numerik tersendiri untuk membedakan posisi dalam geng, seperti 426 yang berarti "petarung", 489 "ketua", 438 "deputi ketua", 25 "mata-mata"/"pengkhianat", dan lain-lain.

Sebagian besar anggota senior dari kelompok triad yang telah berdiri lama adalah pengusaha yang kurang terlibat dalam kegiatan usaha yang legal. Banyak di antara mereka telah memperoleh paspor negara asing, termasuk para anggota keluarga mereka dan mereka telah melakukan diversifikasi dalam usaha mereka serta berinvestasi untuk keuntungan kegiatan kriminal yang mereka dapatkan di negara lain. Mereka melakukan kerjasama dengan anggota Triad di luar negeri dalam kejahatan internasional seperti peredaran narkoba, penyelundupan imigran ilegal, penipuan kartu kredit, pencurian peralatan komputer dan kendaraan bermotor, pembajakan hak cipta intelektual dan pencucian uang.


Sumber:
wikipedia.com
abdulghanni.blogspot.com
agenbola368bet.biz
Booth, Martin. The Dragon Syndicates: The Global Phenomenon of the Triads
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Organisasi dan 3 Contoh Jenis Organisasi
Ditulis oleh PERFECT WORLD
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://superfects.blogspot.com/2012/01/organisasi-dan-3-contoh-jenis-organisasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of PERFECT WORLD.